Posted on Leave a comment

Arab Saudi Mengatakan Mereka Mendukung ‘Hak Air yang Sah’ Mesir dan Sudan

Keterangan Foto: Bendungan Kebangunan Ethiopia Agung dalam pekerjaan konstruksi di sungai Nil di Guba Woreda, Wilayah Benishangul Gumuz. (Berkas Foto: Reuters)

Diterbitkan: 06 Juli 2021: 16:30 GST
Diperbarui: 07 Juli 2021: 12:39 GST

Arab Saudi mengatakan mereka mendukung Mesir dan Sudan dalam “melestarikan hak air mereka yang sah,” kantor berita negara (SPA) melaporkan pada hari Selasa.

“Kerajaan mendukung upaya Mesir dan Sudan untuk mengatasi krisis ini dan tuntutan mereka untuk menyelesaikannya sesuai dengan aturan hukum internasional. Kerajaan juga mendukung gerakan internasional yang bertujuan untuk menemukan solusi yang mengikat untuk mengakhiri hal tersebut,” tambah SPA.

“Kerajaan meminta masyarakat internasional untuk memperkuat upaya untuk menemukan mekanisme yang jelas untuk memulai negosiasi antara tiga negara tersebut (Mesir, Sudan dan Ethiopia) untuk keluar dari krisis ini,” kata SPA.

Menteri Irigasi Mesir mengatakan pada hari Senin bahwa ia telah menerima pemberitahuan resmi dari Ethiopia bahwa mereka telah mulai mengisi waduk di belakang bendungan pembangkit listrik tenaga air raksasa mereka, Bendungan Kebangunan Ethiopia Agung (Grand Ethiopian Renaissance Dam, GERD), untuk tahun kedua.

Mesir telah memberi tahu Ethiopia tentang penolakan tanpa syaratnya atas tindakan tersebut, yang dianggap oleh Mesir sebagai ancaman bagi stabilitas kawasan, kata Menteri Irigasi Mesir Mohamed Abdel Aty dalam sebuah pernyataan.

Ethiopia mengatakan bendungan di bagian sungai Nil Biru mereka sangat penting untuk pembangunan ekonomi mereka dan menyediakan listrik bagi penduduknya.

SUMBER:

https://english.alarabiya.net/News/africa/2021/07/07/Saudi-Arabia-says-it-supports-Egypt-Sudan-legitimate-water-rights-

Tinggalkan Balasan