Posted on Leave a comment

Arab Saudi Cabut Larangan Masuk 3 Tahun untuk Ekspatriat yang Gagal Kembali sebelum Masa Berlaku Visanya Habis

Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi sebelumnya memberlakukan larangan etelah adanya tuntutan dari para pengusaha untuk mencegah masuknya kembali mereka yang tidak kembali dalam rentang masa berlaku visa keluar dan masuk-kembali.

17 Januari 2024
Laporan Saudi Gazette

RIYADH — Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi (Jawazat) telah menginstruksikan seluruh departemen dan pelabuhan darat, laut dan udara untuk mengizinkan masuknya ekspatriat, yang gagal kembali sebelum berakhirnya visa keluar dan masuk-kembali mereka, surat kabar Okaz melaporkan.

Jawazat mencabut larangan tiga tahun yang ada terhadap pekerja asing yang meninggalkan Kerajaan Arab Saudi menggunakan visa keluar dan masuk-kembali dan gagal kembali sebelum masa berlaku visanya habis. Arahan baru ini mulai berlaku pada Selasa, 16 Januari (2024).

Direktorat memberlakukan larangan tersebut sebelumnya setelah adanya tuntutan dari para pengusaha untuk mencegah masuknya kembali mereka yang tidak kembali dalam rentang masa berlaku visa keluar dan masuk-kembali.

Tuntutan para pengusaha tersebut didasarkan pada keputusan Dewan Menteri Arab Saudi yang tidak memperbolehkan kembalinya para pekerja yang tidak kembali tepat waktu.

Mereka mencatat bahwa tindakan yang dilakukan oleh beberapa pekerja tersebut menimbulkan kerugian finansial bagi mereka dalam hal biaya perpanjangan izin tinggal (iqama), izin kerja dan tiket pulang para pekerja tersebut sebelum keberangkatan mereka.

Para pengusaha juga mencatat bahwa kegagalan para pekerja untuk kembali tepat waktu berarti menyebabkan mereka harus memutuskan kontrak mereka sehingga merugikan kepentingan mereka dan mempengaruhi stabilitas pasar tenaga kerja.

Jawazat juga menekankan kembali sejumlah syarat berikut untuk penerbitan visa keluar dan masuk-kembali:

(1) Pekerja harus membayar seluruh denda pelanggaran lalu lintas yang belum dibayar; tidak boleh ada pelanggaran yang mengakibatkan tidak dibatalkannya visa yang telah diterbitkan dan tidak digunakan sebelumnya;

(2) Pekerja tersebut tidak memiliki visa yang sah; dan kehadiran orang yang akan menerima visa tersebut di dalam wilayah Kerajaan Arab Saudi.

(3) Persyaratan tersebut juga termasuk minimal masa berlaku paspor pekerja selama 90 hari atau lebih, dan adanya sidik jari dari orang yang akan menerima visa.

SUMBER: Saudi Arabia lifts 3-year entry ban on expats who fail to return before expiry of visa – Saudi Gazette